Festival Budaya Orang Tionghua

Festival Budaya Orang Tionghua

Budaya Tionghoa merupakan budaya yang paling kompleks dan sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia seiring dengan banyaknya orang Tionghoa yang memilih untuk bermigrasi ke luar negeri. Budaya Tionghoa mencerminkan nilai luhur, kebiasaan dan bakti kepada leluhur. Apakah kalian tahu ada festival budaya orang Tionghua apa saja?

Festival Budaya Orang Tionghua

Festival sering dianggap sebagai cara memamerkan kekayaan budaya. Namun dibalik kemewahannya, ada tanggung jawab jp 789 untuk mewariskan tradisi ini. Meskipun budaya Tionghoa adalah salah satu kebudayaan yang paling tua di dunia, yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, tapi budaya Tionghoa mampu bertahan hingga saat ini. Berikut daftar festival budaya orang Tionghua:

Festival Lentera Tiongkok

Festival Lentera secara tradisional diadakan di hari terakhir Tahun Baru Imlek yang jatuh pada hari ke-15 bulan pertama penanggalan Tiongkok. Tahun 2021, festival ini jatuh pada tanggal 21 Februari.

Festival ini sudah dimulai sejak sekitar 2.000 tahun yang lalu. Miliaran lentera dan lampion raksasa diterbangkan dan dipajang sepanjang jalan dan rumah membuat suasana yang meriah.

Festival Tahun Baru Imlek

Festival ini juga dikenal sebagai Festival Musim Semi Cina, ini tanpa diragukan lagi merupakan salah satu festival Tiongkok terpenting dengan sejarah lebih dari 4000 tahun dan kalian akan mengenal tradisi tahun baru Cina pada hari ini https://www.ispcan2018.org/.

Sebagian besar orang menikmati festival ini selama 7 hari dan perayaan berlangsung selama lebih dari 2 minggu, dimulai dari malam festival. Festival Tahun Baru Cina dirayakan menurut kalender lunar, yaitu pada hari pertama bulan lunar pertama.

 Festival Duan Wu

Festival Duan Wu sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Hingga saat ini, ada 2 kegiatan identik yang terus dilakukan masyarakat Tionghoa, yakni makan Bak Chang dan perlombaan perahu naga.

Salah satu asal usul dari festival Duan Wu ini adalah untuk mengenang patriot Qu Yuan yang mati bunuh diri dengan terjun ke sungai karena kecintaan dan kesetiaannya pada negara/dinasti Chu. Festival ini dilangsungkan setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek.

 Festival Ceng Beng

Festival Qing Ming atau Ceng Beng adalah hari di mana masyarakat Tionghoa melakukan ziarah ke kuburan leluhurnya (orang tua, sanak family) sekalian membersihkannya dan bersembahyang di makam sambil membawa buah-buahan, kue, makanan, serta karangan bunga.

Hari Ceng Beng biasanya jatuh pada tanggal 5 April kalender Masehi. Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur atau keluarga yang telah meninggal.

Itu dia festival budaya orang Tionghua yang di rayakan setiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.