Holi Festival Asal India

Holi Festival Asal India

Holi yakni pesta rakyat India kuno populer, pun dikenal sebagai “Festival of Love” , yang “Festival of Colors” , dan “Festival Musim Semi”. Salah satu festival dunia ini merayakan cinta abadi dan tuhan Radha Krishna. Ini pun menggambarkan kemenangan kebajikan atas kriminal, karena merayakan kemenangan Dewa Wisnu sebagai Narasimha Narayana atas Hiranyakashipu. Ini berasal dan mayoritas dirayakan di India dan Nepal tapi pun telah menyebar ke area lain di Asia dan unsur dunia Barat lewat diaspora dari anak benua India.

Holi Festival Asal India

Makna Perayaan Festival Holi India

Holi merayakan kedatangan musim semi, akhir musim dingin, mekarnya cinta dan untuk banyak orang, ini yaitu hari yang meriah guna berjumpa orang lain, bermain dan ngakak, melupakan dan memberi maaf, dan membetulkan relasi yang rusak. Festival ini pun merayakan mula musim panen musim semi yang bagus. Itu dilangsungkan selama satu malam dan satu hari, dimulai pada malam Purnima (Hari Bulan Purnama) yang jatuh dalam bulan kalender Hindu Phalguna , yang jatuh selama pertengahan Maret dalam kalender Gregorian.

Perayaan Holi dimulai pada malam sebelum Holi dengan Holika Dahan di mana orang berkumpul, mengemban ritual keagamaan di depan api unggun, dan berdoa supaya kriminal internal mereka dihancurkan dengan teknik Holika, saudara wanita raja iblis Hiranyakashipu, terbunuh dalam api. Keesokan paginya dirayakan sebagai Rangwali Holi (Dhuleti) – pesta rakyat warna gratis untuk segala, di mana orang saling mengolesi warna dan saling membasahi. Pistol air dan balon mengandung air juga digunakan untuk bermain dan mengecat satu sama lain.

Cerita Lain Dalam Holi Festival

Festival Holi sebenarnya yakni hari besar agama Hindu yang berasal dari mitos. Konon, dikisahkan bahwa Krishna yang berkulit gelap cemburu menyaksikan Radha yang memiliki kulit putih. Krishna lantas mengatakan pada ibunya, Yashoda mengenai urusan itu dan menuliskan bahwa dia bisa merubah warna kulit Radha dengan melumurinya dengan warna.

Karena itu, tiap-tiap musim semi pesta rakyat Holi dirayakan dengan taburan warna-warni termasuk pada salah satu tempat seperti situs judi slot terpercaya disana. Tak melulu bubuk warna, adakalanya pewarna juga dibaur dengan air dan disiramkan pada orang-orang. Warna-warna cerah yang digunakan pada pesta rakyat ini diandalkan menggambarkan energi, kehidupan, dan datangnya musim semi.

Holi juga disemarakkan dengan penciptaan kembang api yang diandalkan dapat mengenyahkan roh jahat dan merayakan kemenangan kebajikan melawan kriminal. Bagi merayakan Holi seringkali warga India mengaplikasikan baju putih, yang pasti saja tak bakal tetap putih sampai pesta rakyat berakhir.