Mengulaas festival teluk jailolo

Mengulas Festival Teluk Jailolo Di Maluku Utara

Indonesia Timur memiliki banyak destinasi wisata alam dan budaya yang tersebar di lautan, serta pulau-pulau yang terbentang dari Laut Banda hingga Arafura.

Salah satu keindahan alam nusantara tergambar di Maluku Utara, tepatnya di ibu kota Jailolo.

Jailolo

Jailolo menyimpan pesona alam yang menakjubkan dan warisan budaya yang beragam. Serta Teluk Jailolo yang memiliki posisi berhadapan langsung dengan Pulau Ternate dan Pulau Tidore, serta termasuk dalam kawasan segitiga karang dunia.

Jika Wamena memiliki Festival Lembah Baliem dan Raja Ampat memiliki Festival Raja Ampat, maka Jailolo di Halmahera Barat memiliki Festival Teluk Jailolo.

Di sinilah puluhan vannfamilydental pertunjukan budaya, tarian dan tradisi, serta pemandangan alam yang memukau mampu memukau wisatawan. Di balik kemeriahannya, Jailolo Bay Fastival memiliki sejarah dan cerita keterlibatan masyarakat setempat.

Festival Teluk Jailolo Pertama

Festival Teluk Jailolo merupakan festival tahunan yang diadakan sejak tahun 2009 di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Festival ini menampilkan beberapa kegiatan budaya di Halmahera Barat.

Beberapa kegiatan budaya yang termasuk dalam rangkaian acara pada festival ini antara lain Sigofi Ngolo, ritual pembersihan laut yang diadakan di Teluk Jailolo, dan Orom Sasadu, rangkaian ritual sebagai ungkapan rasa syukur setelah musim panen.

Ritual Sigofi Ngolo

Tentu tidak sembarangan menjaga keindahan Teluk Jailolo. Masyarakat Jailolo setiap tahunnya melaksanakan tradisi membersihkan laut atau biasa disebut dengan Upacara Adat Sigofi Ngolo.

Sebelum memulai, Kesultanan Jailolo terlebih dahulu menggelar ritual Sigofi Ngolo yang berarti memohon restu para leluhur demi kelancaran pelaksanaan acara yang dipusatkan di Dermaga Pelabuhan Teluk Jailolo.

Upacara Adat Sigofi Ngolo

Upacara Adat Sigofi Ngolo merupakan tradisi membersihkan laut yang dilaksanakan di Teluk Jailolo yang terletak di Desa Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Ritual Sigofi Ngolo tidak hanya membersihkan laut dari sampah, tetapi juga membersihkan kotoran batin atau segala niat buruk yang bersemayam dalam diri manusia.

Baru Saja Menyelenggarakan Festival Teluk Jailolo

Masyarakat Halmahera Barat, Maluku Utara, baru saja selesai menggelar hajatan besar yaitu Festival Teluk Jailolo 2021 yang akan digelar pada 9-12 Juni 2021. Siapa yang menyaksikan acara ini dari hari pertama hingga penutupan?

Anda akan setuju bahwa tidak ada kata lain untuk menggambarkan acara budaya ini selain sangat keren.

Terlebih lagi, acara ini bisa kamu saksikan dari rumah melalui siaran YouTube. Ada banyak hal-hal baru yang bisa dipelajari dan diketahui utamanya soal seni dan budaya dari Halbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.